HOME / WISATA / Keindahan Darat Tak Kalah dengan Laut
Salah satu budaya yang ada di Wakatobi. (Foto:google)
Salah satu budaya yang ada di Wakatobi. (Foto:google)

Keindahan Darat Tak Kalah dengan Laut

SUARADESA, WAKATOBI – Sekitar 750 jenis terumbu karang, dari sekitar 850 jenis di dunia, ada di Wakatobi. Karena itulah, Wakatobi termasuk salah satu dari 10 tujuan wisata yang pembangunannya menjadi prioritas pemerintah pusat.

Akan tetapi, rupanya Wakatobi bukan melulu tentang laut. Pesona di darat, terutama yang terkait dengan aspek sosial budaya, juga tak kalah memesona.

Sebagian untuk tujuan mengenalkan sisi lain Wakatobi itulah, sejumlah jurnalis dan awak media melakukan kunjungan ke Wakatobi yang statusnya pada 1996 adalah sebagai wilayah taman nasional.

Kunjungan tersebut difasilitasi Swisscontact, lembaga berbentuk yayasan berorientasi bisnis pada bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Segera setelah tiba di Wangiwangi, setelah menumpang Kapal Motor Uki Raya 06 dengan volume 83 GT (gross tonnage) dari Kota Baubau yang semalaman membelah Laut Banda, pelayaran dari Kota Baubau menuju Wangiwangi bukanlah satu-satunya pilihan.

Penerbangan menuju Bandara Matahora, Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi, bisa saja ditempuh dari Jakarta setelah sebelumnya transit di Makassar dan Kendari. Namun, terkadang pelayaran mesti ditempuh menyusul rute udara yang kerap terlalu padat sehingga tidak memungkinkan beroleh tiket dalam waktu seketika. (kompas)

Baca juga

Ilustrasi Pariwisata. (Foto: NewsHarian )

Bangkitkan Pariwisata Melalui Media dan Medsos

SUARADESA, TANJUNG REDEB – Menurut Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, memajukan pariwiata harus dilakukan oleh seluruh pihak. …