HOME / TIPS / Sehat dan Berumur Panjang, Ini Rahasianya
Sehat dan berumur panjang. (Foto: Sukatawa)
Sehat dan berumur panjang. (Foto: Sukatawa)

Sehat dan Berumur Panjang, Ini Rahasianya

SUARADESA, MALANG – Setiap orang pasti ingin hidup panjang umur dan sehat selalu. Dengan panjang umur, banyak aktifitas dan momen yang bisa dilakukan bersama keluarga atau orang terkasih.

Istilah ‘kamu adalah apa yang kamu makan’ tampaknya sangat pas untuk diungkapkan pada orang yang ingin panjang umur.

Seorang koki asal Jepang yang tinggal dan menetap di sebuah pulau di mana penduduknya memiliki usia yang panjang. Sebuah desa Ogimi di Pulau Okinawa, Jepang, dikenal sebagai salah satu daerah dimana penduduknya memiliki usia lebih dari 80 tahun dan tampak selalu sehat.

Ia adalah Emiko Kinjo, seorang koki yang juga pemilik restoran Emi-no-Mise. Emiko dilatih sebagai seorang ahli gizi di Nago namun tidak pernah memiliki basic pendidikan atau pengetahuan seputar restoran. Tapi semua berubah saat dirinya bertemu dengan suaminya yang berasal dari Ogimi. Mulai saat itu, Emiko membuka restoran yang diberi nama Emi-no-Mise yang memiliki arti makanan dengan nilai gizi atau makanan dengan manfaat obat.

Desa Ogimi dikenal dengan penduduknya yang setiap kali menyantap makanan adalah makanan yang disantap sebagai santapan pencegah penyakit. Hal ini yang menjadi alasan utama kenapa penduduk di pulau ini memiliki jangka hidup yang panjang.

Salah satu yang panjang umur misalnya seorang distributor bahan makanan di resto milik Emiko yang tak lain adalah seorang pria yang berusia 100 tahun. Ia mengantarkan bahan makanan menggunakan sepeda motornya. Selain itu petani sayuran di sana juga rata-rata adalah wanita yang usianya sudah menginjak hampir 100 tahun.

Bahkan orang tertua di desa ini sudah berusia 105 tahun dan tinggal sendiri tanpa bantuan keluarga, tetangga ataupun orang lain.

Emiko mengatakan untuk memiliki usia yang panjang harus ada langkah kongkret yang harus dilakukan, pertama dan utamanya adalah lewat makanan. Semua makanan yang disantap di desa ini adalah makanan organik yang diolah dengan teknik memasak yang minim. Banyak menyantap sayuran segar, umbi-umbian dan sedikit konsumsi daging. (*)

Baca juga

Jus Wortel. (Foto: inat)

Jus Wortel Kuning Telur Mempunyai Manfaat Luar Biasa

SUARADESA, MALANG – Jus wortel jika ditambah dua sendok makan kuning telur, ada manfaat menakjubkan yang …