HOME / TIPS / Daun Sirih Cara Cepat Alami Atasi Keputihan
Daun sirih. (Foto: www.gubuginformasi.com)
Daun sirih. (Foto: www.gubuginformasi.com)

Daun Sirih Cara Cepat Alami Atasi Keputihan

SUARADESA, MALANG — Daun sirih yang dikenal ada 3 jenis, yaitu sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau. Namun yang paling banyak dikenal dan digunakan dimasyarakat adalah daun sirih merah dan hijau, yang bisa dibedakan hanya dengan melihat warna daunnya. Daun sirih pada umumnya banyak ditemui ditanam dipekarangan orang yang hidup dipedesaan, dimana mereka masih banyak menggunakan obat dari bahan alami termasuk sirih serta untuk keperluan nyirih.

Banyak wanita menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan , mengencangkan organ intim, serta menghilangkan bau tak sedap kewanitaan. Hal ini juga tak lepas dari sifat antiseptik atau anti mikroba pada daun sirih. Khasiat daun sirih yang berhubungan dengan sifat antiseptiknya lainnya adalah, memperkuat gigi, mengatasi bau badan dan mulut, gatal, mimisan, korengan, keputihan dan sebagai afrodisiak.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan dan pengobatan.

Mengobati keputihan

Rebus 7-10 lembar daun sirih dalam 2,5 liter air hingga mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut selagi masih hangat untuk membasuh daerah kemaluan. Lakukan secara berulang-ulang.

Membantu mengatasi masalah menstruasi

Minum air rebusan daun sirih juga dapat membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

Mengobati diare

Sediakan 4 – 6 lembar daun sirih, 6 biji lada dan 1 sendok makan minyak kelapa. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Gosokkan ramuan tersebut di bagian perut dan biarkan sampai mengering.

Mengobati mimisan

Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung. Ambil satu lembar daun sirih kemudian ditekan-tekan agar agak layu. Gulung dan cocokkan ke dalam hidung untuk menyumbat pendarahan.

Penyakit jantung

Sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

Itulah beberapa manfaat dari daun sirih hijau untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. (manfaatbuahdaun)

Baca juga

Ilustrasi. (Foto: jurnaltimur )

Kekerasan Pada Anak Makin Marak, Ini Cara Cegahnya

SUARADESA, MALANG – Para orangtua harus memahami bahwa kekerasan terhadap anak bukanlah sesuatu yang selalu …