HOME / PRODUK / Pesantren Ini Ekspor Kopi ke Australia
Ilustrasi. (Foto: lintasnews)
Ilustrasi. (Foto: lintasnews)

Pesantren Ini Ekspor Kopi ke Australia

SUARADESA, SIDOARJO Pesantren yang berdiri pada 2006 ini berhasil mengembangkan bisnis kopi yang sudah menembus pasar ekspor dan pasar dalam negeri. Ekspor perdana ke Australia dengan merek Kopi Raja pada Agustus 2016 sebanyak 25 ton per bulan, letak pesantren tersebut berada di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pimpinan Pesantren Mukmin Mandiri Muhammad Zakki mengatakan, pengelolaan usaha kopi tersebut dilakukan para santri dari tahap pengolahan, pemasaran hingga keuangan. Para santri mendapat penghasilan dari kegiatan wirausaha yang dilakukannya tersebut. 

Tiap bulannya pesantren yang berada di Perumahan Graha Tirta, Waru, Sidoarjo ini mampu memproduksi 65 ton kopi dari kebun seluas 615 hektare di Tulung Agung. Diakui Zakki, permintaan pasar sebenarnya lebih besar dari produksi yang dilakukan. Namun pihaknya tidak memaksakan diri karena para santrinya memiliki hak untuk belajar. 

“Saya mendirikan pesantren ini memang tujuannya adalah mengembangkan kewirausahaan bagi santri,” ujarnya, Senin (28/11).

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan Presiden Joko Widodo berencana mengunjungi pesantren tersebut pada Desember 2016. Melalui siaran pers tertulis Senin (27/11), Puspayoga menjelaskan, ketertarikan Presiden muncul saat pertemuan dengan pelaku UKM di Istana Negara yang juga dihadiri Muhammad Zakki pada Jumat (25/11) lalu. 

Saat itu, kata Puspayoga, Muhammad Zakki menjelaskan tentang pengembangan Pesantren berbasis kewirausahaan. “Mendapat penjelasan tersebut, Presiden tertarik untuk mendatangi langsung pesantren tersebut,” ujarnya. (republika)

Baca juga

Fashion Indonesia. (Foto: Merdeka)

Laju Impor Produk Fashion Terus Ditekan

SUARADESA, JAKARTA – Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih mengatakan, pembatasan produk fashion impor ‎ tidak …