HOME / PRODUK / Jamu Indonesia Bisa Mendunia
Jamu tradisional. (Foto: Benzano)
Jamu tradisional. (Foto: Benzano)

Jamu Indonesia Bisa Mendunia

SUARADESA, JAKARTA – Besarnya manfaat jamu ini membuat Ketua Komisi IX DPR-RI, Dede Yusuf, ingin menjadikan jamu sebagai gaya hidup keluarga di Indonesia. Jika jamu sudah dijadikan gaya hidup, maka potensi untuk mengembangkan jamu di dunia internasional akan terbuka lebar.

“Seperti minum kopi saja. Minum kopi kan lazim dilakukan pagi hari sebelum beraktivitas. Banyaknya kedai kopi yang bermunculan juga menandakan minum kopi sudah menjadi tren gaya hidup. Nah, jika jamu juga bisa dibuat seperti itu, jamu selain bermanfaat untuk kesehatan juga bisa dikembangkan ke sektor pariwisata,” tutur, Jakarta Selatan, Kamis (17/11).

Dede mencontohkan negara Korea Selatan yang terkenal dengan ginsengnya. Ginseng dikonsumsi oleh hampir seluruh warga Korea Selatan. Setiap turis yang datang ke sana pun akan diperkenalkan dengan ginseng yang memang diketahui memiliki efek baik untuk kebugaran tubuh.

“Nah untuk bisa seperti Korea, masyarakat kita dulu yang harus akrab dengan jamu. Makanya jika jamu sudah jadi bagian dari gaya hidup, akan bisa memunculkan kolaborasi seperti temulawakcinno atau yang lainnya, yang selain bermanfaat untuk kesehatan juga memiliki nilai pariwisata,” tandasnya lagi.

Dikatakannya memang tidak mudah untuk mewujudkan keinginan tersebut. Apalagi saat ini juga banyak bermunculan obat-obat tradisional dari luar negeri seperti China dan Thailand atau obat herba modern dari Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Oleh karena itu, penerapan jamu ke gaya hidup keluarga Indonesia menjadi penting. Caranya bisa dengan mengenalkan tanaman obat berkhasiat lewat sekolah, memperbanyak promosi jamu lewat iklan dan melakukan standarisasi perkebunan tanaman obat berkhasiat. (detik)

Baca juga

Fashion Indonesia. (Foto: Merdeka)

Laju Impor Produk Fashion Terus Ditekan

SUARADESA, JAKARTA – Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih mengatakan, pembatasan produk fashion impor ‎ tidak …