HOME / OPINI / Benarkah Uban Timbul Karna Pewarna Rambut?
Pewarnaan pada rambut. (Foto: applebola)
Pewarnaan pada rambut. (Foto: applebola)

Benarkah Uban Timbul Karna Pewarna Rambut?

SUARADESA, MALANG – Rambut sering diwarnai, hingga timbul pertanyaan benarkah pewarna rambut menyebabkan uban? Apakah hal ini fakta atau hanya mitos saja?

 Pertanyaan ini dijawab oleh dr Gloria Novelita, SpKK seorang dermatolog, yang berkata bahwa pewarnaan rambut tidak memiliki pengaruh dengan timbulnya uban.

“Munculnya ubab itu karena genetik, bukan pewarnaan rambut atau proses kimia lainnya,” ujarnya dalam acara peluncuran produk pewarnaan rambut dari Garnier di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bahkan uban bisa terjadi hanya karena melamin di batang rambut menurun atau menghilang, sehingga membuat warna rambut Anda menjadi putih.

Dia melanjutkan, selain karena faktor genetik, uban yang ada pada rambut ini juga bisa disebabkan karena faktor penyakit.

Dr.Gloria juga menjelaskan, penyakit yang bisa menimbulkan uban sama dengan penyakit yang menyebabkan bercak putih di wajah.

Untuk itu, bagi yang ingin mewarnai rambut, jangan takut dan berprasangka bahwa pewarna akan menyebabkan timbulnya uban. Semoga bermanfaat. (kompas)

Baca juga

Buah pisang. (Foto: nuwamajournalist.wordpress.com)

Alasan Pisang yang Mulus Tiba Tiba muncul bintik Hitam

SUARADESA, LAMPUNG –  Munculnya bintik-bintik hitam di kulit pisang sering kita temui, tetapi bukan berarti …