HOME / OPINI / Kopi Jadi Gaya Hidup
Kopi. (Foto: www.indonesiakaya.com)
Kopi. (Foto: www.indonesiakaya.com)

Kopi Jadi Gaya Hidup

SUARADESA, MALANG – Di balik rimbunnya dedaunan tropis, tersimpan kekayaan alam yang begitu dipuja, yaitu biji-biji kopi yang menghasilkan kopi terbaik.

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu produsen kopi yang diakui oleh dunia. Dari berbagai penjuru nusantara ada beragam jenis kopi yang dihasilkan dengan keharuman dan cita rasa yang berbeda pula. Tidak heran bila kopi-kopi Indonesia jadi rebutan para importir kopi di seluruh dunia. Sebut saja kopi Sumatera, kopi Toraja, kopi Kintamani, kopi Flores, kopi Lampung, kopi Papua, kopi Sulawesi, dan kopi Aceh Gayo.

Terlepas dari mana kopi itu berasal sebenarnya minuman hitam pekat yang disukai banyak orang ini terdiri dari dua jenis, yaitu Arabica dan Robusta. Bedanya, kopi Arabica punya rasa yang lebih beragam. Mulai dari rasa manis dan lembut hingga yang tajam dan kuat di lidah. Apa lagi setelah disangrai, biji kopi Arabica ini akan mengeluarkan aroma buah-buahan yang manis.

Kopi Robusta tidak memiliki rasa manis. Variasinya mulai dari rasa netral hingga tajam. Bedanya dengan Arabica, kopi Robusta kurang memiliki banyak penggemar di pasaran. Namun bagi penggemar kopi pahit, kopi Arabica bisa menjadi pilihan utama berkat rasanya yang nendang.

Saat ini kopi punya kaitan yang erat dengan gaya hidup urban orang muda Indonesia. Bisa dikatakan, kopi punya identitas kuat sebagai pendamping setia kaum pria yang hidup di perkotaan saat menikmati berbagai suasana. Santai bisa dengan ngopi, kerja serius pun juga jadi lebih enak kalau sambil ngopi. Bahkan kini banyak kafe yang tidak malu-malu mengkhususkan diri hanya menawarkan produk kopi dengan beragam variannya. Hal ini tentu saja demi memenuhi keinginan kaum urban terhadap kopi yang semakin tinggi.

Untuk kembali mengingatkan terhadap kekayaan alam Indonesia ini, Gatsby Urban Cologne mengadakan kontes bagi cowok Indonesia yang beruntung untuk melakukan Jelajah Merdeka, menjelajahi Pulau Jawa dengan tema Koffie van Java untuk para pecinta kopi sekaligus penghobi traveling. Syaratnya, peserta adalah kaum pria berusia 18 hingga 35 tahun, berbadan sehat untuk ikutan dalam kompetisi yang diadakan mulai tanggal 2 hingga 20 Mei 2016 ini.

Satu orang pemenang dan diajak bertualang dari Jakarta menuju Malang selama sembilan hari tanggal 23 Mei hingga 1 Juni 2016 yang pemenangnya akan diumumkan tanggal 21 Mei 2016. (merdeka)

Baca juga

Buah pisang. (Foto: nuwamajournalist.wordpress.com)

Alasan Pisang yang Mulus Tiba Tiba muncul bintik Hitam

SUARADESA, LAMPUNG –  Munculnya bintik-bintik hitam di kulit pisang sering kita temui, tetapi bukan berarti …