HOME / BERITA / Belajar Tanpa Listrik hingga Naik Kapal ke Lokasi Ujian
Ilustrasi. (Foto:tempo)
Ilustrasi. (Foto:tempo)

Belajar Tanpa Listrik hingga Naik Kapal ke Lokasi Ujian

SUARADESA, JAKARTA – Alumnus Pengajar Muda Indonesia Mengajar, Dedi Kusuma Wijaya mengungkapkan, sempat merasakan suasana ujian di Tanimbar, Maluku Tenggara Barat. Saat itu, UN masih menjadi instrumen kelulusan siswa.

“Anak-anak di sana belajar mati-matian karena waktu itu UN jadi syarat kelulusan,” ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Dedi menceritakan, kondisi fasilitas pendidikan di sana masih minim. Bahkan, pasokan listrik sangat terbatas sehingga tak jarang siswa belajar dengan cahaya seadanya.

“Enggak ada listrik tetap belajar. Kemudian sekolah yang menyelenggarakan UN itu hanya satu. Jadi mereka harus naik kapal dulu ke desa tetangga,” terangnya.

Meski begitu, Dedi mengakui bahwa anak-anak di desa tempatnya mengabdi belum memiliki hasrat besar untuk berprestasi. Padahal, mereka punya potensi dan semangat belajar yang tinggi.

“Mereka belum termotivasi karena tidak tahu ada beragam cita-cita yang bisa diraih. Oleh sebab itu tugas pengajar mudalah yang seharusnya mentransfer energi untuk berprestasi,” tukasnya. (okezone)

Baca juga

Pedagang sembako di pasar tradisional. (Foto: setkab)

Jelang Natal dan Tahun Baru, Disperindag Pantau Harga Sembako

SUARADESA, PALANGKARAYA – Menjelang hari keagamaan dan kegiatan nasional pada Desember 2016 akhir, terutama bertepatan …