HOME / BERITA / Sekolah di Alam Terbuka Jadikan Desa Maju
Proses belajar di alam terbuka. (Foto:jda)
Proses belajar di alam terbuka. (Foto:jda)

Sekolah di Alam Terbuka Jadikan Desa Maju

SUARADESA, GOA – Pemuda Kanreapia, Tombolo Pao, Kabupaten Gowa setiap hari minggu memanfaatkan hari libur untuk belajar, yakni belajar di alam terbuka.

Proses belajar ini cara untuk mewujudkan pemuda desa yang cerdas, hebat dan berdaya saing. “Belajar di alam terbuka dengan konsep sekolah alam dengan cara memanfaatkan hari libur untuk belajar sambil bermain,” ungkap Jamaluddin selaku Guru, kepada Suara Desa, Kamis (24/11).

sekolah-di-alam-terbuka-jadikan-desa-maju-1

Sekolah alam menjadi aktifitas baru bagi anak – anak siswa dan siswi yang tergabung ke dalam sekolah alam, siswanya pun terus bertambah.

“Saat ini jumlah siswa dan siswi terus bertambah setiap minggunya karena konsep sekolah alam adalah mengajak peserta didik untuk belajar di alam dengan berkunjung ke Kebun, sungai dan tempat wisata,” tambahnya.

Buku menjadi bawaan utama bagi peserta sekolah alam, sebagai bahan bacaan dan sumber diskusi pada saat sesi pembagian kelompok.

sekolah-di-alam-terbuka-jadikan-desa-maju-2

Ia mengungkapkan, dalam sesi ini peserta sekolah alam menggunakan metode cerdas cermat, menganalisa apa yang mereka lihat dan bermain permainan tradisional.

“Berbagai macam metode yang kami terapkan kepada anak – anak dengan tujuan agar anak lebih aktif,” katanya.

Kegiatan ini kata dia, bertujuan untuk mengenalkan alam sejak dini kepada anak didik dan menumbuhkan mental anak.

“Tujuan utama sekolah alam adalah menumbuhkan semangat belajar, baik baca buku, melanjutkan pendidikan formal dan menumbuhkan rasa PD (percaya diri),” ujarnya. (abg)

Baca juga

Ilustrasi. (Foto:tempo)

Belajar Tanpa Listrik hingga Naik Kapal ke Lokasi Ujian

SUARADESA, JAKARTA – Alumnus Pengajar Muda Indonesia Mengajar, Dedi Kusuma Wijaya mengungkapkan, sempat merasakan suasana ujian …