HOME / BERITA / Kanreapia Lahirkan Bumdes Kalpataru
Suasana pelatihan Bumdes se-Kabupaten Gowa. (Foto:jda)
Suasana pelatihan Bumdes se-Kabupaten Gowa. (Foto:jda)

Kanreapia Lahirkan Bumdes Kalpataru

SUARADESA, GOWA – Desa Kanreapia, Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang mempunyai potensi pada sektor pertanian dan sayuran yang menjadi komoditas andalan desa ini, ada enam jenis sayuran yang menjadi andalan seperti Kentang, Kol, Sawi, Tomat, Daun Bawang, Wortel dan satu buah andalan has desa Kanreapia yakni Buah Markisa.

“Dari Potensi tersebut sehingga di butuhkan Badan Usaha Desa (Bumdes) yang di harapkan mampu mengelola potensi dan sumber daya Alam agar perekonomian masyarakat dapat meningkat sehingga melahirkan kehidupan pedesaan yang sejahtera,” ungkap Jamaluddin Dg Abu, Salah satu penggerak di sektor pertanian kepada Suara Desa, Kamis (24/11).

Ia mengungkapkan, Bumdes Kalpataru menjadi nama yang di sepakati oleh pemerintah desa dan masyarakat Desa Kanreapia karena Kalpataru adalah nama yang mempunyai sejarah untuk desa Kanreapia, yakni pendiri desa Kanreapia pernah mendapatkan penghargaan oleh Presiden Soeharto sebagai pemerhati lingkungan.

Pemerintah desa Kanreapia akhirnya melalui tahapan – tahapan, baik musyawarah desa dan Bimtek Pelatihan Bumdes akhirnya melahirkan Bumdes Kalpataru.

“BUMDesa Kalpataru saat ini setiap waktu mempromosikan potensi – potensi pertanian desa Kanreapia, baik melalui media on line maupun media cetak, karena langkah pertama yang akan di lakukan adalah untuk mempromosikan hasil pertanian, dan selanjutnya akan membuka unit – unit usaha,” tutupnya. (abg)

Baca juga

Ilustrasi. (Foto:tempo)

Belajar Tanpa Listrik hingga Naik Kapal ke Lokasi Ujian

SUARADESA, JAKARTA – Alumnus Pengajar Muda Indonesia Mengajar, Dedi Kusuma Wijaya mengungkapkan, sempat merasakan suasana ujian …